Tips Ganti Template Tetap SEO Friendly

Banyak blogger yang suka ganti Template. Alasannya juga beragam, ada yang memang harus ganti, atau hanya karena bosan, ingin tampil beda, kesengsem ada theme yang lebih bagus dan SEO Friendly, dsb. Semua syah2 saja hanya sebelum mengganti Template berdasarkan pengalaman ada hal2 yang harus diperhatikan yaitu Tips Ganti Template Tetap SEO Friendly, bisa juga dibaca Waktu Tepat Mengganti Template Atau Dampak Ganti Template Blogger , pokoknya sekitar itu deh.

Ada ungkapan : Sering ganti template tidak baik untuk SEO, atau Oom Google tidak menyukai blog yang sering ganti template. Benarkah...?.

Jawabannya mungkin ya, mungkin tidak. Namun pengalaman membuktikan bahwa Blog Tutorial Dan Bisnis dan 1 blog lainnya selama 2 tahun gak pernah diurus, gak pernah update postingan, ditengokpun kagak.. tapi Pagerank Google tetap aja yang ini Pr 2 dan yang satunya Pr 4. Itu saya lihat saat mulai online lagi awal April 2012 

Masalah dampak ganti template baru timbul dengan kronologis seperti ini :

  1. Blog ini ganti template jelang akhir September dan saat update pagerank 8 Nopember turun dari Pr 2 jadi Pr 1. Padahal rata2 perbulan antara 4-5 postingan.
  2. Blog satunya yaitu Saung Link lebih parah lagi, ganti template pertengahan April 2012 dan Google update Pagerank 3 Mei. Pagerank Google turun dari 4 jadi Pr 3.
  3. Google Update Pagerank lagi 2 Agustus tapi tetap Pr 3
  4. Gak puas dengan templatenya , diganti lagi dengan pada akhir September, Update Pagerank 8 Nopember 2012 dan Pageranknya turun lagi dari Pr 3 jadi Pr 2.
  5. Dalam mengganti template ini memang saya rombak habis2an mulai Metatag, keyword dan Diskripsi Blog.
  6. Visitor menurun secara drastis, dan Artikel SEO anjlok dari SERP google, udah gitu berimbas pula pada Si Cantik Alexa yang ikut2an jadi gembrot.

Dari kronologis diatas saya simpulkan bahwa

  1. Gonta-ganti template blogger memang ada pengaruhnya pada posisi Pagerank dan traffic.
  2. Waktu yang tepat untuk mengganti template jangan menjelang Update Pagerank.
  3. Ingat Search Engine itu punya Bot yang selalu crawling blog pada waktu tertentu untuk check penambahan Widget atau HTML dll. Kalau pasang tools Googlebot last access dari mypagerank.net, kita akan tahu kapan googlebot terakhir datang mengecek blog kita.  Mungkin setelah itu baru ganti template atau pas setelah google melakukan Update Pr.
  4. Tiga hal yang dicatat atau dibaca mesin telusur atau googlebot yaitu Metatag, keyword dan Diskripsi Blog. Jadi Jika mau ganti template copy paste dulu Metatag, keyword dan Diskripsi Blog dari template lama ke template baru agar tetap SEO Friendly.
  5. Upayakan kalau ganti template jangan merubah deskripsi blog dan keyword yang sudah tertanam..

Berdasarkan hal diatas ada beberapa Tips Ganti Template Tapi Tetap SEO Friendly

  1. Pilih template yang SEO Frendly
  2. Cari template yang simple, warna yang pas dan jangan terlalu banyak widget namun nyaman dipandang baik oleh owner maupun pengunjung.
  3. Ada baiknya template baru tersebut dicoba dulu di blog lain / blog dummy yang khusus untuk segala macam percobaan utak-atik template.
  4. Jangan terjebak dengan template yang katanya ringan / fast loading padahal cuma hasil dari kompress CSS, apalagi kompresnya yang tingkat tinggi, karena strukur kode akan berubah dan kita akan sulit kalau mau melakukan editing template. Kalau cuma ingin ringan nanti jika tampilan blog dan segalanya sudah ok.. baru kita kompres sendiri, caranya baca disini.. atau yang ini..
  5. Pilih sidebar yang ada disebelah kanan. Konon katanya search engine akan lebih dulu mengindek tulisan artikel baru setelah itu sidebarnya artinya mulai dari kiri ke kanan.
  6. Ingat ganti template akan menguras tenaga, layaknya bikin blog baru, kita harus melakukan penataan kembali seperti mengganti link2 yang ada dalam template itu, mungkin ganti ukuran font, warna dsb. karena selera orang itu tidak sama.

Demikian postingan kali ini tentang Tips Ganti Template Tetap SEO Friendly, atau Dampak Ganti Template Blogger termasuk Waktu Tepat Ganti Template. Ada baiknya juga setelah tahu tips ini sobat blogger juga tahu Rahasia Sejuta Backlink Gratisagar inbound link nya semakin ok. Semoga bermanfaat.


  1. Thanks telah mampir, yo kita saling vote dan comment..
  2. Bila berkenan tolong share/bagikan dengan tombol share dibawah.
  3. Gratis langganan artikel blog ini, silahkan klik Subscribe Disini, atau masukan email disidebar yg telah disediakan

Sobat sedang membaca artikel Tips Ganti Template Tetap SEO Friendly dengan Url https://tutorialdanbisnis.blogspot.com/2012/12/tips-ganti-template-tetap-seo-friendly.html , bila berkenan silahkan bagikan dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, letakan link aktif artikel ini sebagai sumbernya dengan copy kode di bawah ini.


Related Post:

2 komentar:

Silahkan Comment disini, saya comment di sana..

Langganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Label

  1. Bisnis (5)
  2. Daftar Isi (4)
  3. Info (4)
  4. Link (2)
  5. Olah Raga (1)
  6. SEO (5)
  7. Software (3)
  8. Template (14)
  9. Tips Dan Trik (2)
  10. Tutorial (16)

Alexa