Bagian CSS Styling Template Blogger

Tutorial Template Blogger 2 : Bagian CSS Styling Template Blogger
Sebagai lanjutan dari posting sebelumnya tentang Struktur CSS Template Blogger 1 sekarang topik bahasan selanjutnya yang akan mengurai Bagian CSS Styling Template Blogger  . Sekali lagi, tidak semua template memiliki struktur yang sama karena semuanya tergantung selera dari seorang desainer.

Disini mencoba untuk membagi Bagian CSS Styling Template Blogger menjadi 9 subbagian yang lebih kecil. diantaranya :

css-1-Tutorial & Bisnis
Sub Bagian 1 : Variabel 

Sub bagian ini berisi deklarasi (pengenalan) dari variabel font dan warna yang muncul pada tab Font dan Warna di halaman Layout. Misalnya, Warna Teks atau Teks font variabel yang dapat dipilih dan dimodifikasi menggunakan tab Font dan Warna atau dalam template desainer.
Sub Bagian 2 :  Global
Bagian ini berisi kode untuk mengontrol penampilan umum dan tata letak. Jika Anda melihat bar hijau di atas, Anda akan melihat kode " body {….......}". Ini berarti bahwa setiap kode yang berada di dalam {…......} akan mengontrol properti umum (ukuran, layout, & tampilan) dari body template (segala sesuatu yang meliputi layar komputer). Sebagai contoh, ia mengendalikan lebar seluruh template dan warna latar belakang atau gambar. Tapi itu tidak mengendalikan sifat rinci dari seluruh template (yang dilakukan oleh semua subbagian lainnya). Atau, jika Anda mengeset general properti di dalam kontainer body, teks font, dan kemudian mengatur ulang sifat yang sama di dalam kontainer sub-kecil, sifat diatur dalam container body akan diganti, atau dibatalkan.
Di dalam  sub bagian ini, Anda juga akan menemukan container besar lainnya seperti Outer-wrapper dan Content-wrapper.
Sub Bagian 3 : Header
Sub bagian ini mengontrol segala sesuatu di dalam kontainer Header-wrapper. seperti  Blog Title dan Blog Description. Dalam sebagian besar template Generik , saya telah menambahkan objek ekstra dalam Header-wrapper -  Linkbar (menu horizontal). Biasanya, kita sering tidak dapat menambahkan objek tambahan di Header karena tidak dapat menggunakan tab add gadget. Untuk menambahkan Linkbar, kita harus mengubah Bagian 3 dari struktur kode template (yang merupakan bagian Data). Dalam blog saya sendiri (dzelque.blogspot.com), saya menambahkan sesuatu yang lain, yang merupakan G o o g l e Bar search. Idealnya, memang dapat menambahkan apa saja yang inginkan jika tahu bagaimana mengelola sub bagian 3 ini. 
css-2 Tutorial & Bisnis  
Sub Bagian 4 : Main (Utama)
Sub Bagian ini mengontrol sifat-sifat (ukuran, tata letak, dan tampilan) dari Main-wrapper yang berisi – Tanggal header, Posting, Komentar , Link Feed, dan setiap widget yang Anda tarik ke bagian Main menggunakan tab Add Elemen Halaman .
Sub Bagian 5 ; Sidebar
Mengontrol segala sesuatu di dalam sidebar-wrapper  - misalnya Label, Arsip Blog, unit Adsense, Daftar Link, dll Tapi, itu tidak mengatur berapa banyak sidebar yang dimiliki atau lokasi mereka di blog (contoh Sidebar -Main-Sidebar atau Main-Sidebar-Sidebar). Bagian ini dilakukan dalam Bagian 3 dari Struktur CSS Template Blogger 1  - Bagian Data.
Sub Bagian 6 : Miscellaneous
Mengontrol sifat-sifat unsur tambahan dalam blog yang tidak dikendalikan oleh semua subbagian di atas. Unsur-unsur ini adalah Profil ( Tentang Saya ), Blogquote, dan Kode yang ingin ditambahkan atau diubah tampilannya. 
css-3 Tutorial & Bisnis
Sub Bagian 7 : Post-Footer
Dalam Generik template , bagian ini mengontrol  3 hal :

  1. Post-Footer - teks di bawah post body. Ini adalah bagian yang berisi informasi tentang posting , atau teks-teks yang mengatakan "Posted by Your Nickname, Label,  Komentar, dll
  2. Blog-Pager - link di bagian bawah posting blog yang berisi navigation post " Newer Posts, Home, or Older Posts".
  3. Feed-Link - link yang biasanya berisi kata "Langgan: Entri (Atom)".
Sub Bagian 8 : Comment
Sub bagian ini mengontrol semua sifat-sifat yang ada dibagian Komentar 
Sub Bagian 9 : Footer
Mengontrol semua properti di bagian Footer. Umumnya, bagian Footer berisi beberapa teks yang menjelaskan kepemilikan atau hak cipta dari sebuah blog. Dalam beberapa blog lain, mereka juga menempatkan widget tambahan di bagian Footer, seperti Recent Posts atau Popular Posts dalam 2 kolom footer atau lebih. Pada dasarnya kita dapat menempatkan apa saja di Footer seperti di Sidebar. Tetapi jika ingin menambahkan lebih dari 1 kolom ke Footer, yaaa kita harus men-tweak bagian ke-3  pada Struktur CSS Template Blogger 1.
Sampai disini Bagian CSS Styling Template Blogger , semoga bermanfaat dan tunggu postingan selanjutnya.
  1. Posting selanjutnya Tutorial 3 :  Setting Properti Kontainer Template blogger
  2. Posting sebelumnya Tutorial 1:  Stuktur CSS Template Blogger 1
Sumber Referensi : Our Blogger Template


  1. Thanks telah mampir, yo kita saling vote dan comment..
  2. Bila berkenan tolong share/bagikan dengan tombol share dibawah.
  3. Gratis langganan artikel blog ini, silahkan klik Subscribe Disini, atau masukan email disidebar yg telah disediakan

Sobat sedang membaca artikel Bagian CSS Styling Template Blogger dengan Url https://tutorialdanbisnis.blogspot.com/2012/07/bagian-css-styling-template-blogger.html , bila berkenan silahkan bagikan dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, letakan link aktif artikel ini sebagai sumbernya dengan copy kode di bawah ini.


Related Post:

1 komentar:

Silahkan Comment disini, saya comment di sana..

Langganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Label

  1. Bisnis (5)
  2. Daftar Isi (4)
  3. Info (4)
  4. Link (2)
  5. Olah Raga (1)
  6. SEO (5)
  7. Software (3)
  8. Template (14)
  9. Tips Dan Trik (2)
  10. Tutorial (16)

Alexa